Upacara Penutupan Pelaksanaan Tmmd Ke-86 Tahun 2011

  • 22 Juni 2011
Upacara Penutupan Pelaksanaan TMMD Ke-86 Tahun 2011

Sebagai wujud nyata telah terealisasinya rangkaian program fisik dan non fisik yang dikemas dalam suatu kegiatan yang bernama TMMD ke-86 dari TNI yang berlangsung di Desa Landih, dan sebagai bukti dari manunggalnya ABRI dengan Masyarakat maka pada hari Selasa (21/6) kemarin dilapangan Kapten Mudita Kabupaten Bangli dilaksanakan Upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Dalam upacara tersebut dihadiri oleh Wakil Gubenur Bali Drs. Puspayoga, Pangdam Udayana yang diwakili oleh Kasdam, Danrem diwakili olek Kasrem 163/ wirasatya, Bupati Bangli, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Bangli, Muspida, dan Undangan lainnya.

Dalam sambutan Gubenur Bali yang dibacakan Oleh Wakil Gubenur Bali Drs. Puspayoga menyampaikan rasa gembira  karena seluruh rangkaian kegiatan TMMD ke-86 ini berlangsung dengan lancar. Hal ini menjadi cermin kemanunggalan TNI dengan masyarakat, sebagai wujud partisipasi dan kebersamaan dalam pembangunan daerah. Disampaikan juga pembangunan nasional yang semakin kompleks memerlukan partisipasi optimal seluruh komponen masyarakat secara sinergis sehingga dapat mendorong percepatan pembangunan, salah satu bentuk keterpaduan tersebut adalah TNI Manunggal Membangun Desa.  Wakil Gubenur Bali menilai program ini akan sangat membantu penanggulangan kemiskinan dan program-program pembangunan laiinya, yang langsung menyentuh kebutuhan masyarakat termasuk beberapa aspek pembangunan yaitu: Roda perekonomian seperti pertanian, perikanan, pertukangan usaha menengah dan kecil, industry rakyat dan sejenisnya yang mampu menciptakan lapangan kerja produktif berkelanjutan di kawasan pedesaan. Tumbuh kembangnya semangat kewirausahaan di pedesaan dan Senerginya kerjasama jejaring antara Desa dan pemangku kepentingan mengembangkan ekonomi pedesaan, serta tumbuh berkembangnya koperasi Desa atau sejenisnya secara sehat. Selain itu Wakil Gubenur Juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pangdam IX/Udayana besrta segenap jajarannya, serta semua pihak yang btelah berpartisipasi dalam kegiatan ini dan diharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan, sehingga dapat mempercepat terwujudnya pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Bali pada umumnya.

Sedangkan dalam laporan I wayan Suarjana selaku Dan Satgas  menyampaikan dasar dari pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan surat Telegram Pangdam IX/Udayana selaku PKO Manunggal Nomor ST/329/2011 tanggal 15 April 2011 tentang perintah pelaksanaan kegiatan TMMD Ke-86 TA.2011 dan Surat Telegram Danrem 163/Wira Satya selaku PKP Manunggal Nomor ST/121/2011 tanggal 19 April 2011 tentang perintah melaksanakan kegiatan TMMD Ke-86 TA.2011 di Wilayah Kodim 1626/Bangli. Program Kerja Korem 163?wira Satya Bidang Teritorial TA. 2011 dan Program Kerja Kodim 1626?Bangli Bidang Teritorial TA. 2011. Kegiatan dimulai dari tanggal 2 sampai Dengan 26 Mei 2011 dengan lokasi Desa landih, Lingkungan Sidembunut Kelurahan Cempaga Kec.Bangli. Hasil yang dicapai adalah Sasaran fisik berupa Pembuatan Jalan Baru dengan ukuran Panjang 1.800 meter dan Lebar 6 Meter, Penggeladangan/ penggeseran jalan dengan ukuran Panjang 1.800 meter lebar 2,5 Meter, Pembuatan senderan/DPT dengan ukuran Panjang 20 m tinggi rata-rata 4m, Pembuatan 1 buah plat beton dengan ukuran Panjang 6 m , lebar 1,8 m dengan tebal 20 centi meter. Sedangkan sasara non fisik adalah telah dilaksanakan penyuluhan yang dihadiri oleh masyarakat rata-rata 200 orang, dengan materi sebagai berikut: bidang kesejahteraan rakyat , pertanian, perkebunan, perhutanan, dari Dinas P-3 Kab. Bangli. Berikutnya penyuluhan Koperasi/UKM dengan materikelembagaan Usaha Koperasi dari Dinas Koperasi/UKM Kab. Bangli. Penyuluhan Pemberdayaan Masyarakat Desa Dari PNPM dar BPMD Kab. Bangli. Penyuluhan kesehatan Dan HIV AIDS dan RABIES dari Dinas Kesehatan. Penyuluhan Pendidikan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Penyuluhan pertanahan dari Badan Pertanahan Kab. Bangli. Selain itu juga dilaksanakan Penyuluhan dari Bidang Bela Negara dari Kasiter Korem 163/Wirasatya. Untuk Bidang Hukum dari Kejaksaan Negeri Bangli dan dari Kumdam IX/Udayana. Dibidang kambitmas dari Polres Bangli. Dalam acara tersebut juga terlibat partisipasi dari beberapa pihak dalam bentuk Corporate Sosial Responbsibelity (CSR) diantaranya : FKPPI Prov Bali, Hotekl Kartika Plaza, BPD Bangli, Bank Pasar Bangli, BRI Cabang Bangli, Restauran Like View, Nonmin, SPBU Pengotan, Bunutin, Bangli, dan Sekardadi, PLN Bangli,  Dealer Honda Bali Timur Mandiri, UD, Mupu Merta, UD Gunung Sari, Toya Davasya, Reataurant Gong Dewata, Maharaja, Grands puncak sari, Suling Bali, Batur Sari, dan Dealer Yamaha Waja Motor Bangli

  • 22 Juni 2011

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita